Menakjubkan! Inilah Fakta Tersembunyi Planet Mars

Planet Mars, Image Credit: wikipedia.org

Pada awal Oktober 2015 lalu kita sempat disuguhkan dengan penampilan menakjubkan dari Matt Damon dalam film The Martian yang menceritakan tentang seorang astronot yang secara tidak sengaja tertinggal di Planet Mars ketika proses evakuasi dilakukan dikarenakan adanya badai besar yang melanda Hab atau stasiun tempat tinggal mereka. Keren bukan?

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa fakta tersembunyi dari sang Planet Merah ini?
Karakteristik Planet Mars

'Sang Planet Merah' atau yang biasa kita kenal dengan nama planet Mars ini, adalah planet terrestrial keempat dari Matahari, setelah Merkurius, Venus, dan Bumi.

Planet Mars disebut dengan 'Planet Merah' dikarenakan warnanya yang tampak kemerahan, hal ini disebabkan karena permukaan Mars dipenuhi oleh debu oksida dan karat yang ada di bebatuan Mars.

Memiliki diameter sepanjang 6729 kilometer atau sekitar 0.53 kali diameter Bumi, Mars mengorbit Matahari dengan periode 687 hari Bumi dan berotasi pada orbitnya selama 24,6 jam. Jarak Mars dari Matahari adalah sejauh 228 kilometer, dengan suhu rata-rata sebesar -65 derajat Celcius.

Sama seperti Bumi, Mars juga memiliki satelit alami, yaitu Phobos dan Deimos.


Berikut adalah beberapa fakta tersembunyi dari Planet Mars:


1. Mars Memiliki Gunung Berapi Terbesar di Tata Surya

Olympus Mons, Image Credit: sciencevibe.com
Mars memiliki sebuah gunung berapi bernama Olympus Mons. Dengan tinggi hampir tiga kali tinggi dari Mount Everest, Olympus Mons mendapat predikat sebagai gununga berapi terbesar di tata surya.


2. Kutub Utara dan Selatan Mars Diselimuti Dengan Es

Kutub Mars Diselimuti Es, Image Credit: wikipedia.org

Sama sepeti Bumi, kutub utara dan selatan Mars juga diselimuti dengan es. Namun, es pada kutub-kutub Mars ini selalu dalam kondisi beku sepanjang tahun. Bahkan, ketika musim dingin kutub-kutub ini berada pada kondisi terdinginnya sampai-sampai karbon dioksida (CO2) yang terdapat pada atmosfir Mars ikut membeku.


3. Lebih Dari 20 Wahana Ruang Angkasa Telah Dikirim Untuk Menyelidiki Mars
 
Wahana MAVEN, Image Credit: NASA

Sejak tahun 1960, sebanyak lebih dari 20 waha ruang angkasa telah dikirim untuk menyelidiki planet Mars. Dengan berbagai misi yang dibawa, beberapa wahana hanya terbang melewati Mars, beberapa wahana telah mengorbit Mars dalam waktu yang lama, dan bahkan beberapa di antaranya telah mendarat di permukaan Mars.

Sampai sekarang telah ada sebanyak empat rovers (sebutan untuk robot kecil berbentuk mobil yang menjelajahi Mars) yang telah berhasil menjelajahi permukaannya, yaitu: Sojourner, Spirit, Opportunity, dan Curiosity.


4. Mars Juga Memiliki Salah Satu Ngarai Terpanjang dan Terlebar di Tata Surya
 
Valles Marineris, Image Credit: space4case.com

Selain Olympus Mons yang merupakan gunung berapi terbesar di tata surya, Mars juga memiliki salah satu ngarai terpanjang dan terlebar di tata surya, yaitu Valles Marineris.

Ngarai ini memiliki ukuran yang sembilan kali lebih panjang, 20 kali lebih lebar, dan lebih dari empat kali lebih dalam dari Grand Canyon yang ada di Bumi.

Menakjubkan bukan?
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :