Astrotalk 2: Tata Surya - Sesi Tanya Jawab 1


(Notulen)

Selanjutnya kita masuk ke sesi tanya jawab. Di sesi ini akan ada 4 sesi, tiap sesi berlangsung selama 10 menit.  

Untuk sesi pertama, berikut 5 pertanyaan yang telah diseleksi: 

1. Apakah ada kemungkinan, planet-planet di tata surya ini akan saling bertabrakan walaupun jaraknya begitu jauh? (Ex: merkurius menabrak Uranus) Dan jika ada, apa yang akan terjadi pada bumi kita ini? Terima kasih

2. Di awal diskusi disebutkan bahwa Planet dan Planet Kerdil keduanya adalah benda langit yang memiliki cukup massa untuk menjadi bentuk pejal yang setimbang (mendekati bola). Pertanyaan saya disini adalah apa yang menyebabkan planet berbentuk bola dan mengapa planet itu harus berbentuk bola?

3. Bagaimana menyambungkan InOMN dengan pembuktian bahwa bumi itu bulat?

4. Apakah mungkin sebuah benda langit dari luar tata surya masuk ke dalam sistem tata surya dan mengorbit matahari?

5. Kenapa planet bisa berotasi? Pasti kan ada pemicu awalnya yg bisa buat dia bergerak. Nah gaya pemicu awalnya itu muncul darimana?

Jawaban:

(Narasumber)

1. Jika tidak ada gaya luar yang bekerja pada sistem tata surya, maka tidak akan ada properti yang berubah. Jadi jawabannya, jika tidak ada pengaruh gaya dari luar sistem, maka tidak mungkin planet - planet bertabrakan.

2. Agar benda langit tetap utuh, tidak buyar, maka harus dicapai suatu kesetimbangan hidrostatis. Kesetimbangan hidrostatis adalah keadaan di mana setiap partikel benda langit tersebut mengalami gaya tekan keluar (menjauhi pusat) yang sama dengan gaya tarik gravitasi ke dalam (menuju pusat). Bentuk yang memenuhi kesetimbangan hidrostatis adalah bentuk bola. Adapun beberapa mengalami pemepatan karena rotasi.

3. Mungkin agak sulit menghubungkan InOMN dengan pembuktian bumi bulat. Tetapi salah satu pembuktian bumi bulat adalah dengan mengamati gerhana bulan dan melihat bahwa umbra Bumi berbentuk lingkaran.

4. Mungkin. Nasib dari benda langit tersebut bergantung pada kecepatannya saat memasuki tata surya. Bisa jadi benda tersebut jatuh tertarik ke Matahari, bisa jadi benda tersebut mengorbit Matahari, atau benda tersebut hanya mengalami pembelokan arah gerak.

5. Planet berotasi karena mempertahankan momentum sudut yang dimiliki oleh bahan pembentuknya, entah itu planetesimal atau nebula. Karena adanya Hukum Kekekalan Momentum Sudut, maka planet harus berotasi.


Narasumber: Muhammad Reyhan Respati
Notulen: Maulana Muammar Afifi
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :