Mengenal Proxima Centauri: Bintang Tetangga Terdekat Matahari

Ilustrasi Proxima Centauri, Image Credit: Google Images
Proxima Centauri, begitulah namanya, merupakan bintang yang saat ini diketahui sebagai 'tetangga' kita yang paling dekat dari tata surya.

Sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya kita membahas tentang "apa itu bintang" terlebih dahulu, mungkin aja masih ada yang belum tau.

Bintang adalah benda langit yang dapat memancarkan cahaya sendiri. Contohnya adalah Matahari. Di langit, bintang memiliki berbagai warna. Ada yang memancarkan warna merah, putih, hingga biru. Dengan warna merah memiliki suhu terendah dan biru memiliki suhu yang tinggi.

Balik lagi ke Proxima Centauri

Meskipun memiliki jarak yang cukup dekat yaitu hanya 4,2 tahun cahaya. Proxima Centauri sangat redup. Dikarenakan magnitudonya hanya 11,05, bahkan sulit untuk melihatnya walaupun memakai teleskop. Keredupannya inilah yang membuat keberadaannya tidak diketahui.

Hingga akhirnya pada tahun 1915, seorang astronom Skotlandia, Robert Innes menemukan sebuah bintang yang memiliki gerak diri (pergerakannya relatif terhadap pergerakan langit) yang sama dengan Alpha Centauri. Ia menamainya Proxim Centauri (proxima berarti "terdekat dengan" dalam bahasa Latin).

Karena jaraknya telah diketahui, diameternya pun dapat diketahui, diperkirakan sekitar 1/7 Matahari, atau 1,5 kali Jupiter. Massa bintang ini diperkirakan sekitar 12,3% dari massa matahari, atau 129 kali massa Jupiter.

Proxima Centauri merupakan bintang katai merah menurut diagram Hertzsprung-Russell, bintang katai merah adalah bintang kecil (kurang lebih 10% dari massa matahari) dan relatif dingin (lebih kecil dari 3.500 kelvin). Katai merah tidak banyak mengalami tahap-tahap evolusi (semakin besar bintang tahap evolusinya semakin banyak), tidak meledak-ledak dan berumur panjang (dapat mencapai 100 miliar tahun).

Proxima Centauri juga digolongkan sebagai bintang variabel, apa itu?? Bintang variabel adalah bintang yang kecerahannya itu labil alias berubah-ubah. Disebut bintang variabel karena beberapa alasan: karena sedang sekarat, atau tertutup oleh benda yang mengorbitnya secara total atau sebagian. Namun untuk kasus Proxima Centauri, disebabkan suar bintang.

Suar bintang (stellar flare) dari Proxima Centauri sangatlah aktif, bahkan sangat besar hingga meningkatkan kecerahan bintang sekitar 8%. Menjadikannya sebagai bintang paling aktif yang bahkan diketahui, lebih aktif dari Matahari.

Gimana ?? Jadi tau kan kalau kita tuh punya tetangga di luar sana. Dan masih banyak lagi hal-hal unik di alam semesta kita ini. So, jangan berhenti untuk mencari tau ya...
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :